MENGHADAPI KENAKALAN PADA ANAK

http://erna-bimbingankonseling.blogspot.comSering kali terjadi kita sebagai orang tua merasa seperti " Kecurian " Kita terlambat menyadari bahwa anak kita malas belajar, setelah nilai rapot  angka 5 atau dibawah nilai rata-rata kelas. Setiap hari  kita lihat anak belajar selama berjam-jam duduk dibelakang meja belajarnya, kita menyangka anak sedang belajar dengan sungguh-sungguh tapi kita tertipu.....anak kita duduk di belakang meja bukan untuk belajar tapi membaca buku  yang bukan buku pelajaran ( cerpen atau cergam ) apalagi jika orang tua adalah seorang yang sibuk diluar rumah, mereka tidak sempat menemani belajar apalagi membantu kesulitan belajar anak. Jadi jangan salahkan anak sepenuhnya jika ternyata akhirnya mereka menjadi malas untuk belajar. Tentu ada faktor lain yang membuat malas belajar pada anak  semakin menjadi-jadi. Disini akan saya uraikan tertang penyebab anak malas belajar, cara mengatasi anak malas belajar dan penyebab anak malas belajar serta tips  mengatasi anak malas belajar.

EMPAT PENYEBAB ANAK MALAS BELAJAR
Memahami anak sebagai individu yang sedang mengalami tahapan-tahapan dalam perkembangannya dan sebagai pribadi yang unik diperlukan perhatian dan kesabaran yang ekstra.Demikian pula ketika kita mendapati anak yang malas untuk belajar. Mengandalkan pemecahan hanya dari guru saja rasanya kurang adil karena sepertiga masa pertumbuhan anak ada dirumah, Sesungguhnya memulai pendidikan anak adalah dari rumah kerena itu peran orang tua sangat besar untuk membantu secara langsung kesulitan-kesulitan belajar anak.
  1. Komunikasi tidak efektif
    Bagaimana komunikasi kita selama ini dengan anak, sudahkah anak dapat menangkap pesan dari   komunikasi yang kita sampaikan ? 
Komunikasi yang tidak efektif yang berjalan selama bertahun-tahun, pastinya akan berdampak negatif pada pembentukan karakter anak. Padahal salah satu fungsi komunikasi adalah untuk mengenal diri sendiri dan orang lain. Bisa dipastikan pola seperti ini akan membuat anak bingung dalam mengenali dirinya sendiri dan orang tuanya. "Apasih sebenarnya maunya ayah  / ibu ? " Kebingungan ini mengakibatkan dalam diri anak tidak tumbuh motivasi kuat untuk berprestasi.

     2. Tak terbantahkan
'" Pokoknya kamu harus rangking satu " Orang tua yang tak terbantahkan membuat anak sulit mengemukakan pendapatnya, bahkan sulit untuk mengetahui potensi dirinya sendiri, apalagi berharap  potensinya keluar karena bertentangan dengan keinginan anak itu sendiri. Kita tidak ingin hal seperti itu kan ?

     3. Target tidak pas
Target tidak pas bisa terlalu rendah atau terlalu tinggi dari kemampuan anak. Kita tidak boleh memaksakan begitu banyak kegiatan pada seorang anak sehingga mereka menjadi jenuh dan terlalu lelah. Akibat overaktifitas banyak anak yang kemudian mulai meninggalkan belajar sebagai kegiatan yang paling utama.Kegiatan keseharian anak harus disesuikan dengan kondisi anak, setelah belajar disekolah anak harus les mata pelajaran, les piano , les renang, les gitar dan lain bahkan terkadang  dua-tiga les harus anak jalani setiap hari belum lagi harus belajar malamnya.Berikan anak ruang dan waktu yang cukup untuk mengoptimalkan potesi yang ada dalam dirinya.

     4. Aturan dan hukuman yang tidak mendidik
Terlalu ketat dalam rutinitas harian bisa menyebabkan akhirnya anak malas belajar, namun sebaliknya tanpa membuat rutinitas harian anak tidak terbiasa memiliki jadwal belajar yang harus dipatuhinya. Jalan tenggahnya, rutinitas tidak bisa ditetapkan secara sepihak oleh orang tua, namun diputuskan bersama dengan anak
Membuat aturan juga harus diikuti dengan konsekuensi. Jadi anak bisa mengerti apa hubungan antara kepatuhan menjalani aturan dengan konsekuensinya, bukan sekedar hukuman yang tidak mendidik. Biarkan anak menjawab konsekuensinya jika aturan itu sudah dibuat bersana, pasti anak akan ingat konsekuensinya, harapannya, kesadaran anak untuk belajar akan tumbuh dari dalam diri anak sendiri bukan dipaksakan orang tua.Tidak ada lagi hukuman yang tidak mendidik, karena hukuman akan membuat anak berpikir" Ugh, belajar sangat tidak menyenangkan"
Semoga bermanfaat


1 komentar:

  1. Teman - teman kesulitan untuk Belajar Komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, Master Komputer, Kursus Online, Kursus Jarak Jauh, Kursus Programming, Kursus Desain Grafis

    Ayah, Bunda..butuh guru untuk mengajar anak-anak dirumah ? kami memfasilitasi 1000 guru untuk anak-anak ayah dan bunda datang kerumah, silahkan kunjungi website kami di smartsukses.com, Bimbingan Belajar, Les Private, Les Privat, Les Private Mata Pelajaran, Guru Datang Ke Rumah, Guru Private

    BalasHapus